Para Tokoh Bicara DOB Papua, Beri Dampak Positif & Banyak Manfaat

by -266,819 views

Papua – Para tokoh menilai proses pemekaran DOB Papua khususnya di wilayah Papua Selatan memberikan manfaat dan sangat berdampak positif bagi masyarakat Papua.

Ketua Solidaritas Masyarakat Ha Anim Paskalis Imadawa mengaku sangat berterima kasih dengan pemerintahan Jokowi yang memberi kesempatan kepada masyarakat Papua Selatan untuk bisa memajukan dan mensejahterakan masyarakat Papua.

“DOB bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat Papua Selatan,” tegas Paskalis, hari ini.

Menurutnya, dengan adanya pemekaran maka akan terjadi pemerataan pembangunan ekonomi dan pendidikan. Dia menuding Gubernur Papua saat ini diskriminasi dengan Papua Selatan, dan lebih mengutamakan orang Gunung dan Papua Utara.

“Dengan adanya pemekaran Propinsi Papua Selatan maka kami bisa mengelola wilayah kami sendiri tanpa diskriminasi lagi,” ujarnya.

“Itulah alasan kami meminta secepatnya dilaksanakan DOB khususnya Papua Selatan,” kata dia.

Hal senada juga dilontarkan Tokoh Adat Malin Hendrikus Denualik yang menyebut DOB sangat bermanfaat untuk percepatan pembangunan ekonomi dan pendidikan bagi wilayah Papua Selatan.

“Kami wilayah adat Papua Selatan yang terdiri Merauke, Mappi, Boven Digul dan Asmat sangat berharap pemekaran wilayah kami menjadi propinsi Papua Selatan segera terwujud,” ujar Malin.

Kata dia, DOB adalah bentuk hadirnya Pemerintah Indonesia di Merauke, Merauke tidak pernah di perhatikan oleh Pemda Papua, hanya fokus ke Papua Pegunungan dan Papua Utara. Percepatan DOB itu adalah salah satu jalan keluar dari persoalan yang ada di Papua Selatan. Oleh karenanya, ia berharap Presiden Jokowi segera resmikan Provinsi Papua Selatan.

“Ada sebagian saudara kami ingin merdeka. Bagi kami di Merauke, Papua Selatan, kami bangsa Indonesia sudah merdeka sejak 1945. Jadi mereka yang teriak-teriak ingin merdeka itu bukan bagian dari kami, dan kami bukan bagian dari mereka,” tambah dia.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat/Mantan Bupati Merauke Johanes Gluba Gebze menegaskan bahwa pihaknya adalah pencetus daerah Pemekaran PPS dan mengetahui tujuan dan manfaat di Pemekaran itu. DOB PPS adalah solusi yang baik kalau perlu dipercepat.

“Enembe tidak pernah perhatikan Papua Selatan lebih mementingkan Papua Utara dan Orang Gunung. Pejabat yang duduk di pemerintahan adalah orang-orangnya dia saja, tidak ada perwakilan dari wilayah Papua Selatan. Jadinya tidak ada keadilan bagi kami terkait soal kebijakan dan pembangunan,” jelasnya.

Johanes memastikan DOB pasti ada manfaatnya khususnya yang ada di Papua Selatan salah satunya Pemerataan pembangunan dan pemanfaatan dana Otsus.

“Dengab adanya DOB maka dana Otsus akan ada pemerataan di setiap wikayah di Papua, selama ini hanya dinikmati oleh wilayah dan pejabat-pejabat di Jayapura saja tidak memperhatikan rakyatnya,” terangnya.

Tokoh Pemuda Merauke/kontestan Bupati 2019 Frederikus Mahuze menjelaskan usulan Masyarakat tentang pemekaran sudah bergulir ada sejak tahun 2000, ada titik terang tahun 2021 untuk Pemekaran PPS.

Kata dia, manfaat DOB bagi mereka adalah penyederhanaan dan penyingkatan rentang kendali pemerintahan, sehingga pelayanan Pemerintahan kepada masyarakatnya semakin dekat tidak perlu ke Jayapura dan Pemerataan pembangunan.

“Kami meminta kepada Presiden Joko Widodo agar secepatnya RUU pembentukan Prov. Papua Selatan menjadi UU agar segera terealisasi,” ucapnya.

“Kami tidak hanya mendukung DOB namun Ini adalah cita-cita dan aspirasi masyarakat Papua Selatan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *