Kubu Anies Bangun Opini Liar, Upaya Agar KPK Tak Lanjutkan Penyidikan Formula E

by -153,732 views

Jakarta – Direktur Eksekutif Rumah Politik Indonesia Fernando Emas menyarankan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk tidak menghiraukan upaya pihak-pihak yang coba mempengaruhi penyelidikan kasus Formula E di KPK.

Seperti yang dilakukan oleh Rocky Gerung yang seolah kasus Formula E tidak murni masalah persoalan hukum tetapi persoalan politik.

“Kalau KPK memiliki alat bukti dan keterangan saksi yang cukup untuk memproses kasus Formula E lebih lanjut dan segera meningkatkan ketahap penyidikan,” tegas Fernando Emas, hari ini.

Apabila, kata dia, jika memang Anies terbukti terlibat dalam kasus Formula E maka tidak perlu ragu KPK menetapkan Anies sebagai tersangka. Kalau KPK bisa membuktikan bahwa proses Formula E murni persoalan hukum, banyak pihak akan mendukung KPK termasuk yang selama ini menentang akan mendukung KPK untuk segera menuntaskan kasus Formula E.

“Seharusnya pimpinan KPK segera melakukan gelar perkara dan memutuskan apakah dapat ditingkatkan atau dihentikan setelah melakukan rapat koordinasi pengawas dan mendapat dukungan dari dewan pengawas KPK,” jelasnya.

Kata dia, pihak-pihak yang coba membangun opini seperti Rocky Gerung bahwa hanya dijebak dan kasus Formula E terkesan dipaksakan merupakan tindakan spekulasi yang berupaya mempengaruhi proses hukum.

“Mereka hanya ingin membangun opini seolah-olah KPK tidak memiliki dasar hukum yang kuat untuk menindaklanjuti kasus dugaan korupsi dana penyelenggaraan Formula E,” tambahnya.

“Lambannya proses penanganan kasus Formula E di KPK membuat beberapa pihak yang berpihak kepada Anies berusaha membangun opini liar agar proses tersebut tidak berlanjut,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *