Boga Sevanam di Pura Se-Jabodetabek, Panitia Dharma Santi Nasional Berbagi Kebaikan

by -2,101 views

Jakarta – Panitia Dharma Santi Nasional sukses menyelenggarakan kegiatan Boga Sevanam di berbagai Pura di sekitar wilayah Jabodetabek, pada Jumat (7/4).

Ketua Panitia Dharma Santi Nasional 2024, Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia mengatakan kegiatan ini sebagai bagian dari upaya panitia untuk berbagi kebaikan dan menunjukkan semangat toleransi antar umat beragama, terutama dalam bulan suci Ramadhan.

“Boga Sevanam, yang secara harfiah berarti pelayanan makanan dalam bahasa Sanskerta, adalah konsep yang telah lama dijunjung tinggi dalam budaya Hindu. Ini melibatkan pemberian makanan kepada orang-orang yang membutuhkan sebagai bentuk seva (pelayanan) kepada sesama” jelas Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia.

“Panitia Dharma Santi Nasional memilih untuk mengadopsi konsep ini sebagai bagian dari upaya mereka untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat” ucapnya lebih lanjut.

Kegiatan ini diadakan secara serentak di beberapa Pura di wilayah Jabodetabek, dengan tujuan untuk menyentuh sebanyak mungkin masyarakat yang membutuhkan.

“Para relawan dari panitia bersiap sejak siang hari untuk menyiapkan nasi box yang berisi makanan bergizi untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan” jelas Dokter Suartanu selaku koordinator Boga Sevanam on the Street.

Dokter Suartanu juga menjelaskan bahw mengambil momentum bulan suci Ramadhan sebagai kesempatan untuk menunjukkan solidaritas dan toleransi antar umat beragama, panitia memilih tanggal yang strategis untuk melaksanakan kegiatan ini.

“Dalam semangat gotong royong dan persatuan, Boga Sevanam ini tidak hanya dihadiri oleh umat Hindu, tetapi juga masyarakat dari berbagai latar belakang agama yang turut ambil bagian dalam kegiatan ini” ucap koordinator boga sevanam.

Pura-pura di sekitar Jabodetabek menjadi pusat distribusi nasi box, di mana para relawan dengan penuh kehangatan menyambut para penerima bantuan. Setiap nasi box berisi makanan utama, sayuran, dan buah-buahan, yang telah disiapkan dengan penuh kasih sayang oleh para sukarelawan.

Ketua Panitia I, Gede Naraya menerangkan bahwa kegiatan Boga Sevanam ini bukan hanya sekadar memberikan makanan, tetapi juga sebagai bentuk pelayanan dan kepedulian terhadap sesama.

“Dalam suasana yang penuh kasih dan harmoni, para peserta saling berbagi senyum dan kebahagiaan, menguatkan ikatan persaudaraan di antara mereka.” Terangnya.

“Kegiatan Boga Sevanam ini juga mendapat dukungan yang luas dari berbagai pihak. Banyak organisasi masyarakat Hindu baik tingkat nasional hingga daerah dan individu yang menyumbangkan dana dan makanan untuk mendukung kegiatan ini” lanjutnya.

Kolaborasi ini menunjukkan bahwa semangat gotong royong dan kepedulian terhadap sesama adalah nilai-nilai yang tetap dijunjung tinggi di tengah-tengah masyarakat.

Ketua Panitia Dharma Santi Nasional berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan bantuan materi, tetapi juga memberikan inspirasi bagi masyarakat untuk terus berbuat baik kepada sesama, tidak peduli apa pun latar belakang agama atau kepercayaan mereka.

Melalui kegiatan Boga Sevanam ini, Ketua Panitia Dharma Santi Nasional juga mengajak semua pihak untuk terus merajut ikatan persaudaraan dan toleransi antar umat beragama.

“Semoga semangat kebaikan ini terus membara di hati setiap individu, sehingga kita dapat terus bersama-sama membangun masyarakat yang lebih baik dan berdaya”, tutup ketua panitia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *