SMRC Sarankan Sering-Sering Baca Buku Cak Nur

by -889 views

Jakarta – Banyak yang telah mafhum soal strategi integrasi Cak Nur, yang meliputi integrasi Islam dan kemanusiaan, integrasi Islam dan modernitas, integrasi Islam dan politik, serta integrasi Islam dan ke Indonesiaan. Bahkan banyak yang sudah tahu tentang tiga pemikiran besar Cak Nur: Tauhid, pluralism, dan Indonesia sebagai negara bangsa modern (modern nation state). Pemikiran-pemikiran Cak Nur sebagai seorang demokrat sejati, tokoh yang bercita-cita menciptakan Indonesia sebagai negara bangsa modern, yang membuatnya lebih dari pantas disebut sebagai Sang Guru Bangsa.

Melihat fenomena yang terjadi belakangan ini, alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Saiful Mujani berpesan kepada mahasiswa UIN untuk terus membaca buku-buku Cak Nur yang telah diperjuangkannya selama ini. Terutama pada pergeseran nilai-nilai ke Islaman, kemodernan dan ke Indonesiaan.

“Buku Cak Nur itu harus terus jadi bacaan wajib. Jangan sampai peristiwa yang terjadi saat ini mengarah pada pergeseran nilai-nilai ke Islaman dan ke Indonesiaan,” ungkap Saiful.

Hal itu mengemuka saat audiensi bertajuk “Menista Agama vs Membela Agama” di Kantor Sekretariat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Ciputat, Rabu (30/11/2016). Turut hadir puluhan mahasiswa UIN yang berlarbelakang dari beberapa organisasi mahasiswa seperti HMI, ICI dan BEM.

Menurut pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), pemerintahan yang baik bisa tumbuh dan stabil bila masyarakatnya mempunyai sikap positif dan proaktif terhadap norma-norma dasar demokrasi. Sebab, kata dia, tanpa penghargaan kepada norma dasar demokrasi, konsepsi negara kebangsaan akan selalu melahirkan kegaduhan bersumber kepada perbedaan etnisitas dan agama.

“Hal penting ini harus diperhatikan untuk menjauhkan dari kegaduhan-kegaduhan seperti yang terjadi saat ini,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *