Jelang Demo 4 November, Ratusan Spanduk Menyejukkan Banjiri Jakarta

by -875 views

Jelang Demo 4 November, Bertebaran Spanduk Menyejukkan di Ibukota

Jakarta – Jelang aksi demo besar-besaran pada tanggal 4 November 2016 yang bakal mengepung Istana Negara nampak ada pemandangan menarik yang tak biasanya dilihat di jembatan penyeberangan orang (JPO) area jalur Jl. Jenderal Sudirman hingga Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Pemandangan yang terletak di ruas jalan langganan macet itu adalah berbagai macam spanduk dengan tulisan dan gambar berbeda-beda yang nampaknya ada pesan tersirat untuk menyejukkan suasana saat ini.

Ratusan spanduk berukuran 5 x 1,5 meter itu nampak bertebaran dititik-titik strategis di DKI Jakarta. Spanduk pertama yang terlihat itu bertuliskan “Islam Adalah Agama Yang Damai, Yang Mengajak Kepada Perdamaian”. 

Berikutnya, dari arah Jl. Sudirman menuju arah MH. Thamrin juga terdapat spanduk lainnya yakni bergambar Gus Dur dengan tulisan “Tidak Penting Apapun Agama atau Sukumu, Kalau Kamu Bisa Melakukan Sesuatu yang Baik untuk Semua Orang, Orang tidak pernah Tanya Agamamu”.

Kemudian ada pula spanduk dari pesan Soekarno bertuliskan “Bangunlah suatu Dunia, Dimana Semuanya Bangsa Hidup dalam Damai dan Persaudaraan”.

Spanduk lainnya yang terpampang itu adalah bertuliskan “Kampanye dengan Mengumbar Isu Suku, Agama, dan Ras itu Tidak Cerdas”.

Spanduk ini pun disambut positif oleh masyarakat yakni salah seorang tukang ojek sekitar jalur Sudirman Sdr. Sugito (43) mengaku merasa agak damai dan menyejukkan hati dengan munculnya spanduk tersebut. Sebab, kata dia, saat ini dia dan keluarganya merasa resah dengan kondisi DKI dan rencana demo besar-besaran. 

“Kami berharap aksi berjalan damai. Jangan ada pihak yang mencoba mencari celah memanfaatkan banyaknya massa demo nanti,” ucap Gito.

Menurut dia, spanduk itu sudah terpampang baru kemarin. Dia pun tidak tahu siapa yang menempelnya. 

“Tidak tahu, yang jelas paginya saya sudah lihat spanduknya,” ujar Sugito.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *