Penggalangan Dana HTI, untuk Gaza atau Milisi di Suriah?

by -423,342 views

Oleh: Ayik Heriansyah

Selama masa revolusi Suriah, dua kali HTI menggalang dana untuk Gaza tahun 2012 dan 2014 yang diserang Israel. Penggalangan dana ini menyisakan pertanyaan, apakah benar dana disampaikan kepada penduduk Gaza?

Gaza merupakan basis Hamas. Beberapa kali pemilu, Hamas menang mutlak. Jumlah Hizbut Tahrir (HT) di Gaza sangat sedikit. Mereka konsisten menolak dan menentang perjuangan Hamas yang dianggap tidak islami karena menggunakan jalan demokrasi, mau kompromi dengan PLO dan menerima batas-batas negara Palestina hasil perjanjian PLO dengan Israel.

Di saat revolusi Suriah baru berkecamuk aktivis HT di Gaza pawai dan berorasi di lapangan Al Samir berjalan menuju lapangan Al Shawaa di Gaza City pada hari Selasa (19/6/20012), mereka menyindir Hamas melakukan hal-hal sepele dan menyerukan agar mendukung revolusi Arab (Suriah). https://hidayatullah.com/berita/internasional/read/2012/06/20/59940/hizbut-tahrir-gaza-sindir-partai-islam.html.

Serangan Israel ke Jalur Gaza November 2012 dan Juli 2014 sebenarnya serangan terhadap Hamas, bukan kepada HT. Korban meninggal dunia luka-luka, rumah hancur, dan infrastruktur rusak sebagian besar diderita oleh Hamas, bukan HT.

Dari sini muncul keanehan, mengapa HTI menggalang dana kemanusiaan untu Gaza. Bukankah korban serangan Israel itu kebanyakan dari Hamas, bukan aktivis HT? https://www.republika.co.id/berita/n8jj6o/massa-hti-gelar-solidaritas-untuk-gaza.

Pada tahun 2012 dan 2014 Israel tidak menyerang Tepi Barat. Tepi Barat sendiri basis HT Palestina. Jika kita lihat peta Arab, Tepi Barat berbatasan dengan negara Yordania. Yordania salah satu basis HT di kawasan Arab. Bila Gaza mengarah ke Mesir, maka Tepi Barat mengarah ke Suriah. Kondisi ini memungkinkan aktivis HT di Tepi Barat lebih mobile ketimbang yang di Jalur Gaza.

Penggalangan dana untuk Gaza dilakukan oleh HTI di daerah-daerah. https://bangka.tribunnews.com/2012/11/27/bantuan-rakyat-babel-dikirim-ke-gaza-besok. https://youtu.be/Vw93vBa7Vqg.

Namun tidak pernah ada laporan resmi dari DPP HTI kala itu kemana dana disalurkan. Tidak ada laporan keuangan yang dipublis ke masyarakat. Apakah benar disalurkan ke penduduk Gaza, atau malah disalurkan ke milisi-milisi di Suriah karena HTI mendukung revolusi Suriah yang mereka sebut dengan revolusi Arab.

https://hidayatullah.com/berita/berita-dari-anda/read/2013/03/02/66009/hti-jabar-ada-penyesatan-opini-pejuang-suriah-seolah-pemberontak.html

Sedangkan bantuan kemanusiaan untuk Gaza hanya cover? Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *