FGD GMKI Tarakan, Komitmen Perkokoh Kebhinekaan Antar Umat & Jaga Kondusifitas

by -572 views

Tarakan – Guna menjaga kondusifitas sekalogus meningkatkan kontrol sosial, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Tarakan menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Merawat Nalar Keberagaman dan Memperkokoh Kebhinekaan Antar Umat di Bumi Paguntaka, pada Jumat (26/5/2023).

GMKI Cabang Tarakan terus berupaya menjaga kondusifitas masyarakat di wilayah Tarakan. Ketua GMKI Cabang Tarakan, Agung Wiranto mengatakan bahwa FGD kali ini merupakan salah satu peran kontrol sosial yang diberikan untuk menjaga keutuhan di tengah keberagaman dan permasalahan yang dilakukan secara dialogis.

“Dengan FGD ini, kontrol sosial yang dilakukan GMKI diharapkan berjalan baik. Sehingga muncul ide atau gagasan yang dapat mendukung kondusifitas di Tarakan.” tegas Agung Wiranto.

Sedangkan wakil ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tarakan, Salafa Hepa yang turut memaparkan materi dalam FGD ini mengapresiasi langkah yang dilakukan GMKI.

” Perlu adanya peran dari pihak terkait lainnya, seperti lembaga agama, tokoh agama, serta lembaga keumatan dan ormas terkait kerukunan umat beragama.” tandas Salafa Hepa.

Salafa Hepa menilai peran serta dukungan dari lembaga keumatan, khususnya lembaga keumayan kristen, sangatlah penting.

Hal ini untuk menjaga komunikasi keberagaman dan kerukunan antar umat beragama.

“Diharapkan kedelannya, komunikasi dan kerukunan umat beragama di Kota Tarakan dapat terus terjaga dengan kegiatan-kegiatan seperti FGD ini.” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *