BPIP Harapkan Paskibraka Banten Bisa Jadi Role Model Implementasi Pancasila

by -53,867 views

Banten – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memberi Pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Paskibraka se-Provinsi Banten Tahun 2022. Pembekalan tersebut dimaksudkan untuk memberi jalan bagi anggota Paskibraka untuk terlibat aktif sebagai role model implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar dan masyarakat.

Direktur Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan, Sadono Sriharjo, S.T., M.M. mengatakan, dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila agar bisa terwujud dan berjalan dengan baik maka diperlukan sosok pemuda dan pemudi dalam membumikan Pancasila di dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kami berharap, Paskibraka 2022 ini menjadi Duta Pancasila yang dapat menggaungkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan dan profesinya”, ucapnya, Rabu (15/3).

Sadono juga berharap, generasi muda saat ini dapat memperkuat para generasi muda Indonesia untuk menjaga jati diri kebangsaan dan ideologi Pancasila yang kuat dan kokoh. Selain itu, Sadono mengaku, bahwa para peserta PIP pada pemusatan diklat bagi Paskibraka 2022 ini merupakan contoh bagi anak-anak muda di Indonesia.

“Semoga diklat ini dapat mendorong Paskibraka tahun 2022 bisa mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan sekaligus menjadi Duta Pancasila”, ungkapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Banten (Kesbangpol), Drs. E.A. Deni Hermawan, M.Si. mengucapkan terima kasih kepada Paskibraka Banten 2022 yang sudah sukses menjalankan tugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih saat pelaksaan HUT ke- 77 Republik Indonesia Tahun 2022. Deni Berharap, Paskibraka Banten 2022 bisa menjadi contoh panutan bagi Paskibraka 2023 yang saat ini sedang berjuang dalam tahap seleksi untuk bisa menjadi Paskibraka.

“Tidak semua orang mampu menjadi Paskibraka. Saya ucapkan selamat kepada Paskibraka 2022. Semoga dapat terus konsisten berkontribusi demi kemajuan bangsa dan negara, serta menjadi panutan calon Paskibraka 2023 dan seterusnya. Ke depan, adik-adik memiliki tanggung jawab untuk menjadi Duta Pancasila”, ucapnya.

Deni mengatakan, tugas yang diemban oleh Paskibraka 2022 bukanlah hal yang mudah. Menurutnya, tanggung jawab yang akan diemban menjadi semakin berat karena sudah menjadi Duta Pancasila dan sebagai role model pemuda di tengah masyarakat.

“Oleh karena itu, diharapkan adik-adik dapat mengikuti pembekalan pembinaan ideologi Pancasila ini dengan sungguh-sungguh sehingga kita semua dapat berkolaborasi dalam rangka penguatan ideologi Pancasila di tengah-tengah masyarakat khususnya generasi muda”, tambahnya.

Untuk Narasumber selanjutnya Staff Khusus Ketua Dewan Pengarah Antonius Benny Susetyo memaparkan tentang pentingnya peran Paskibraka Duta Pancasila menjadi role model pembumian Pancasila Di Era Digital, di Era yang ditandai dengan derasnya arus informasi akibat perkembangan teknologi ini masyarakat dibingungkan dengan mana yang benar dan mana yang salah dan permainan persepsi, karena itulah Paskibraka sebagai Duta Pancasila diharap senantiasa hadir dalam upaya mengembalikan sekaligus menjaga jati diri bangsa yaitu Pancasila.

Para Paskibraka Duta Pancasila dapat dan harus selalu memenuhi ruang ruang publik baik nyata maupun virtual dengan konten konten yang menyejukkan dan meredam konflik “ dengan kolaborasi dan sinergi terus menerus bersama unsur pemerintah dan pendidikan diharapkan Para Paskibraka Duta Pancasila dapat menghadirkan ruang publik yang damai, santun dan senantiasa mencerminkan nilai nilai Pancasila dapat menjadi keniscayaan” tutup Benny dalam Pembekalan yang dihadiri kurang lebih 100 orang secara hybrid tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *