Pos Jaga Brimob & Polres Yahukimo Diserang KKB, Tak Ada Korban Jiwa

by -447,299 views

Yahukimo – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang Pos Jaga Polres Yahukimo dan Pos Brimob Kali Buatan, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

“Ya tadi malam ada serangkaian penembakan dilakukan KKB kepada anggota Polri di Yahukimo. Beruntung tak ada korban jiwa,” ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal, Sabtu (31/12/2022).

KKB awalnya melakukan penyerangan di Pos Jaga Polres Yahukimo pada Jumat (30/12) sekitar pukul 22.35 WIT. Setelah itu, KKB menyerang Pos Brimob Kali Buatan, Jalan Gunung Distrik Dekai Yahukimo, pada Sabtu (31/12) sekitar pukul 05.28 WIT.

Kamal mengatakan KKB melakukan satu kali tembakan di Polres Yahukimo. Saat itu personel piket jaga melihat seorang warga dengan menggunakan sepeda motor membawa anak-anak melintas, tak lama setelah itu terdengar suara letusan.

“Saat melintas di Depan Pos Penjagaan SPKT Polres Yahukimo saksi melihat pengendara motor tersebut berhenti dan terdengar bunyi letusan senjata api sebanyak satu kali mengarah pada Pagar Gapura Mapolres Yahukimo dan juga adanya Pantulan Lekoset mengarah pada dinding sebelah kiri Pos Penjagaan SPKT Polres Yahukimo,” katanya.

Kamal menerangkan setelah bunyi tembakan tersebut, terlihat pengendara motor melarikan diri ke arah bundaran Jam Kota Dekai. Lalu sekitar pukul 05.28 WIT, Sabtu (31/12) dilaporkan KKB kembali melakukan penembakan di Pos Brimob Kali Buatan Jalan Gunung Distrik Dekai.

“Kelompok ini kembali menembak Pos Brimob yang ada di Distrik Dekai. Penembakan dilakukan dari arah depan dan samping kiri secara bersamaan, dari arah depan sebanyak 6 kali tembakan tembus atap seng dan dinding pos depan dan juga satu proyektil mengenai satu anggota bagian depan Body Face tetapi tidak tembus bagian dada depan, kemudian satu tembakan dari arah kiri terkena dinding Pos bagian kiri,” terangnya.

Atas peristiwa itu, lanjut Kamal, piket Jaga UKL Regu II yang di Pimpin Kasat Sabhara Polres Yahukimo AKP Dolfinus Rumbrapuk melakukan quick respon terhadap informasi tersebut, dengan menuju lokasi penembakan. Setibanya di lokasi kejadian kelompok KKB telah melarikan diri.

“Setibanya di lokasi personel dengan menggunakan Mobil Rantis milik Brimob Yon D Polda Papua melakukan penyisiran serta mengamankan di sekitar area lokasi, tapi sudah tak ditemukan lagi para pelaku,” ucapnya.

Kamal mengungkapkan dari kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa maupun luka-luka dari pihak keamanan maupun masyarakat. Ia juga mengatakan bahwa pasca kejadian situasi di Kota Dekai Kabupaten Yahukimo aman kondusif.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, anggota di Kabupaten Yahukimo terus meningkatkan patroli di seputaran kota untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *