Siagakan 1917 Personel, Polda Jambi Siap Sukseskan Operasi Ketupat & Amankan Mudik Lebaran 2024

by -761 views

Jambi – Umat muslim khususnya yang berada di Provinsi Jambi tak lama lagi akan merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Ada beberapa tradisi yang kerap dilakukan saat lebaran. Seperti mudik atau bertandang ke rumah kerabat dan tetangga untuk saling bermaafan.

Polda Jambi berharap, perjalanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024 ini berjalan dengan lancar dan penuh dengan sukacita.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol. Mulia Prianto, mengimbau seluruh elemen masyarakat di Provinsi Jambi untuk sama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif.

Bagi para pemudik, dia berpesan untuk tetap tertib berlalulintas selama di jalan. “Jika lelah jangan dipaksakan. Silakan istirahat di pos pengamanan atau pos pelayanan yang sudah disediakan oleh Polri,” kata Kombes Mulia, Kamis 5 April 2024.

Tak hanya itu, sebelum melakukan perjalanan jauh, para pemudik atau sopir angkutan umum diimbau untuk mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu demi keselamatan di jalan.

Kemudian yang juga penting, pastikan semua pintu dan jendela terkunci sebelum meninggalkan rumah. “Jangan sampai kita memberi kesempatan untuk para pelaku kejahatan,” kata Kombes Mulia.

Selain itu, warga Jambi juga diimbau untuk tetap terus menjaga kerukunan dan toleransi, sehingga tercipta suasana Provinsi Jambi yang aman, sejuk dan kondusif.

“Di bulan baik dan hari baik ini, mari kita jaga kerukunan antar sesama kita semua. Bijaklah dalam bermedsos, jangan sampai jari kita membuat gaduh atau salah paham,” kata perwira tiga melati itu.

Seperti diketahui, Rabu 3 April 2024, Wakapolda Jambi Brigjen Pol. Edi Mardianto memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2024 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Dalam sambutannya, Wakapolda Jambi membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan Operasi Ketupat bakal digelar selama 13 hari terhitung tanggal 4 hingga 16 April 2024.

Dia menyampaikan, ada sebanyak 155.165 personel Polri di seluruh Indonesia yang dilibatkan dalam Operasi Ketupat 2024.

Dari 155.165 personel, disebutkan dia, terdiri dari 85.046 personel Polda jajaran, dan 68.969 personel instansi terkait.

Dalam Operasi Ketupat 2024, disampaikan dia, Polri mendirikan 5.784 pos untuk melayani masyarakat dengan rincian 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan dan 480 pos terpadu.

Sementara, Polda Jambi sendiri menyiagakan 1.917 personel dalam Operasi Ketupat 2024. Lalu ada 32 pos pengamanan, 16 pos pelayanan dan 1 pos terpadu.

“Saya berpesan kepada personel yang terlibat dalam pengamanan Operasi Ketupat 2024 untuk melaksanakan tugas dengan ikhlas dan jaga kesehatan, agar para pemudik juga menjadi tenang dan nyaman,” sebutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *