Kapolri Tegaskan Profesionalitas & Komitmen Amankan Rangkaian Pemilu 2024

by -806 views

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan Polri berkomitmen mengamankan seluruh rangkaian pemilu. Dia mengatakan pengamanan itu dilakukan agar Pemilu 2024 berjalan lancar.

“Tentunya ini menjadi komitmen bahwa Polri dalam kegiatan pemilu memiliki tugas pengamanan terkait rangkaian kegiatan pemilu. Jadi dari sejak awal, dari KPU-Bawaslu menyampaikan tahapan pemilu dimulai,” kata Jenderal Listyo di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Untuk diketahui, pengamanan rangkaian seluruh Pemilu 2024 itu dilakukan Polri dalam Operasi Mantap Brata. Dia mengatakan Polri mengamankan pemilu sudah dilakukan sejak dulu.

“Dan saya kita ini bukan hanya dilaksanakan pada pemilu ini. Dari semenjak pemilu ada, Polri mendapatkan tugas untuk melaksanakan tugas pengamanan tahapan pemilu,” katanya.

Sigit mengatakan pengamanan dilakukan sejak tahapan Pemilu dimulai, distribusi logistik, pelaksanaan pencoblosan, penghitungan, hingga pengamanan saat dilakukan gugatan pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurutnya, itu adalah hal wajar jika nantinya ada pihak yang bertanya Polri selalu hadir di semua rangkaian tahapan pemilu. Dia menjelaskan Polri hadir hanya dalam rangka pengamanan.

“Tentunya ini yang kemudian menjadi pertanyaan, kenapa ada Polri melaksanakan patroli dan sebagainya? Jadi itu semua kita lakukan dalam rangka kerangka pengamanan, tidak lebih dari itu,” kata dia.

Kapolri meminta masyarakat melapor jika menemukan oknum polisi yang berbuat lebih dari pengamanan, termasuk tidak netral. Namun dia meminta pelaporan disertai bukti dugaan pelanggaran.

“Dan kalau ada pertanyaan, kalau ada yang melanggar komitmen itu? Ya silakan dilapor, tentu saja kita akan proses. Namun sebaiknya harus ada bukti yang cukup, jangan hanya framing, jangan hanya isu, tapi juga ada bukti yang cukup,” jelasnya.

Sigit mengatakan tugas Polri tersebut tak beda dengan anggota TNI. Dia mengatakan TNI-Polri hadir agar persatuan dan kesatuan Indonesia tetap terjaga.

Dia mengatakan Indonesia harus terus bersatu di tengah situasi global yang sedang tak stabil. Kapolri mengajak masyarakat tidak terpecah belah meski berbeda pilihan dalam pemilu.

“Dan tugas utama Polri, saya kira sama juga dengan TNI, adalah bagaimana menjaga keutuhan masyarakat, keutuhan bangsa, persatuan dan kesatuan. Itu yang utama, siapa pun presidennya,” ujar dia.

“Karena kita sedang menghadapi permasalahan global dan kita semua harus bersatu. dan siapapun presidennya akan menghadapi itu dan harus bertanggung jawab terhadap rakyat,” tambahnya.

Sigit mengatakan TNI-Polri terus mengutamakan menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman Indonesia yang berpegang pada Pancasila. Dia mengajak masyarakat untuk menjaga kebersamaan dan tak ada perpecahan di masyarakat meski berbeda pendapat.

“Dan itu tolong kita jaga bersama. Oleh karena itu, kami selalu berkeliling untuk menyampaikan dan menyaksikan deklarasi pemilu damai. Karena itu penting buat masyarakat kita yang tentunya akan terdampak karena perbedaan pendapat dan kita tak ingin terjadi polarisasi terhadap anak-anak bangsa karena persatuan dan kesatuan itu lebih diutamakan,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *