17an

Ajak Masyarakat Baduy Upacara HUT RI, Aktivis Apresiasi Kapolda Banten

Kapolda Banten dan Suku Baduy 4

Banten – Wasekjen Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (Jari 98) Ir. Arwandi mengapresiasi Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang telah menggelar upacara peringatan HUT RI Ke 72 di wilayah pedalaman suku Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Kamis siang (17/8/2017). Kapolda sendiri pada kesempatan itu bertindak selaku pembina upacara.

“Ini adalah bukti terobosan dan inovasi baru yang dilakukan oleh Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang humanis bisa mengajak masyarakat suku Baduy ikut berperan serta dalam peringatan hari Kemerdekaan. Mereka dengan khidmat mengikuti setiap detail jalannya prosesi upacara yang pertama kali di gelar di kawasan Baduy,” ungkap Arwandi, hari ini.

Lebih lanjut, Arwandi mengaku tak menyangka dengan langkah Listyo yang mau menggelar kegiatan apel di masyarakat adat Suku Baduy. Kata Arwandi, dengan upacara HUT RI dan pesta rakyat secara sederhana tersebut bisa memberikan penyadaran bahwa suku Baduy yang terpencil dan dianggap terbelakang serta memiliki sejarah berbeda itu justru masih sangat menghargai NKRI. Sementara yang lebih maju dan pintar terkadang mengganggap Pancasila dan NKRI hanya sekedar slogan usang yang bisa kalah dengan kepentingan dan ego masing-masing.

“Mereka lupa dengan arti persatuan dan kesatuan apalagi jasa para pahlawan yang sudah berkorban untuk berdirinya NKRI tercinta,” sebutnya.

Arwandi melanjutkan bahwa terobosan mantan ajudan Presiden Jokowi itu bisa dicontoh kepada seluruh rakyat Indonesia ditengah kondisi global yang penuh dengan dinamika yang mengarah ke disintegrasi bangsa.

“Apa yang dilakukan oleh Polda Banten menunjukkan kecintaan kepada NKRI,” kata dia.

Lebih jauh, Arwandi juga mengacungi jempol dengan semangat yang ditunjukkan oleh masyarakat Baduy apalagi mereka secara murni berikrar cinta NKRI dan Pancasila. Mereka pun setia menjunjung tinggi Pancasila dan menjaga serta mencintai NKRI.

“Di era globalisasi ini, kami menghimbau agar masyarakat bersatu kuat dalam menghadapi persaingan yang begitu ketat. Mari jaga Pancasila, kita jaga NKRI, bersatu padu agar bisa bersaing di era globalisasi saat ini,” tandasnya.

8193504215_ba040b6a75

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply