Pemilu 2024 Makin Dekat, Waspada Bahaya Laten Hoax!

by -532,016 views

Jakarta – Ketua Jurnalis Content Creator Community (JCC) Network, Willibrodus Nafie, meminta masyarakat untuk mewaspadai upaya penyebar hoax dan propanganda menjelang Pemilu 2024.

Pasalnya ihwal berita bohong dapat merusak suasana tidak kondusif dan mengancam disintegrasi bangsa Indonesia ke depan.

Adapun ciri-ciri berita hoax, bisa mengakibatkan kebencian dan permusuhan dengan sumber berita tidak jelas. Kemudian pemberitaan media yang tidak terverifikasi, tak berimbang, dan menyudutkan pihak tertentu.

“Waspada bahaya laten hoax jelang Pemilu 2024. Harus lebih jeli dan perhatikan dari mana beritanya berasal dan siapa sumbernya? Apakah dari institusi resmi seperti Polri atau lembaga lainnya. Kemudian perhatikan keberimbangan sumber berita tersebut,” kata Willi Nafie, di Jakarta, Sabtu (3/12/2022).

Menurut Willi Nafie, keberadaan media penyebar hoax dan propaganda radikalisme sangat membahayakan eksistensi kehidupan berbangsa dan bernegara di republik ini.

Willi Nafie menambahkan, saat ini dibutuhan kolaborasi antara pemerintah dengan pihak terkait secara berkesinambungan guna menekan dan mencegah adanya konten-konten bermuatan negatif dan SARA.

“Lembaga pemerintah harus aktif memfasilitasi kawan-kawan jurnalis maunpun content creator untuk aktif menekan bahaya hoax jelang pemilu 2024,” tutup Willi Nafie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *