Kegiatan Inspiratif, SD Muhammadiyah 5 Jakarta Gelar Tahfidz Camp Ramadhan 1444 H

by -481,738 views

JAKARTA – SD Muhammadiyah 5 Jakarta kembali menggelar kegiatan Tahfidz Camp Ramadhan yang merupakan salah satu kegiatan dalam “Muma’s Inspires of Ramadhan (MIR) 2023”.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadhan itu bertujuan untuk memfasilitasi peserta didik untuk menghafal Al Qur’an selama bulan Ramadhan minimal 1 Juz.

“Tahfidz Camp diikuti sekitar 150 siswa dari kelas 1 hingga kelas 5. Tidak semua siswa bisa mengikuti kegiatan Tahfidz Camp karena harus berkomitmen mengikuti semua rangkaian kegiatan. Kegiatan Tahfidz Camp dilakukan mulai tgl 1 Ramadhan hingga akhir Ramadhan,” tegas Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 5 Jakarta Ali Yusuf Syakir, Sabtu (25/3/2023).

Dijelaskannya, rangkaian kegiatan Tahfidz Camp terdiri dari 3 kegiatan yakni pertama menghafal. Setiap peserta didik akan di bimbing oleh guru dalam menghafal. Waktu menghafal disesuaikan dengan agenda setiap siswa, namun disarankan diwaktu-waktu yang baik untuk menghafal yaitu selepas subuh dan selepas ashar.

Berikutnya, lanjut dia, adalah setoran. Setelah menghafal maka siswa akan menyetorkan hafalannya pada pembimbing setiap hari Rabu mulai ba’da Dzuhur hingga pukul 14.00 WIB.

Terakhir adalah muraja’ah.

“Muraja’ah atau mengulang hafalan secara bersama-sama yang dilakukan setiap Sabtu mulai pukul 16.00 WIB hingga berbuka puasa,” ucapnya lagi.

Pada sesi pembukaan, Ali Yusuf Syakir menjelaskan bahwa kegiatan Tahfidz Camp diikuti siswa yang beruntung, karena diberikan anugerah oleh Allah untuk menghafal kalamullah.

Selain itu, Ali Yusuf Syakir juga mengucapkan terimakasih kepada para orang tua yang mendukung kegiatan tersebut lebih-lebih kepada orang tua yang menjadi donatur takjil dan makanan berbuka para peserta Tahfidz Camp.

“Kami mendoakan agar semua kebaikan pihak yang mendukung kegiatan Tahfidz Camp langsung maupun tidak langsung diberi pahala yang berlipat oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *