Jari 98 Serukan Dukung Vaksinasi Covid-29, Donny : Lawan Hoax Vaksin!

by -562,834 views

JAKARTA – Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (JARI 98) menyatakan dengan tegas mendukung program vaksinasi covid-19.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan dengan 3 M,” tegas Wasekjen JARI 98 Donny, hari ini.

Dia juga berpesan kepada masyarakat agar lebih peduli dan bersama-sama memerangi penyebaran informasi palsu atau hoax yang saat ini marak terkait vaksin Covid-19.

“Diharapkan masyarakat turut mendukung serta bergotong royong menuntaskan pandemi Covid-19 melalui program vaksinasi Covid-19,” kata dia lagi.

Donny mengatakan masih ada hoax tentang vaksin yang beredar di masyarakat melalui media sosial (Medsos) Sehingga meresahkan sekaligus membuat ragu masyarakat. Baginya, Kementerian kesehatan (Kemkes) sebaiknya terus menyampaikan informasi tentang vaksin agar masyarakat memahami pentingnya vaksinasi tersebut.

Sementara itu diharapkan kerjasamanya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) serta aparat dalam meningkatkan patroli siber di dunia maya. Akun-akun yang menyebarkan informasi hoax harus dipantau, termasuk ujaran kebencian terkait isu atau kebijakan pemerintah.

“Sekaligus menindak tegas oknum-oknum yang menyebarkan berita bohong terkait vaksin Covid-19. Sehingga masyarakat tidak terhasut isu-isu hoax vaksin Covid-19,” tuturnya.

Pemerintah juga sebaiknya melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tenaga kesehatan untuk terus menyiapkan strategi komunikasi yang baik. Seperti dengan memberikan pemahaman dan informasi yang utuh serta komprehensif kepada masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19.

Bila perlu Pemerintah juga melibatkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk secara bersama menyampaikan bahwa kandungan vaksin tersebut aman untuk digunakan pada manusia. Hal ini agar berita hoax tentang vaksin Covid-19 yang berkembang dapat terimbangi dengan adanya informasi utuh dari BPOM.

“Sebab masyarakat banyak mendapatkan pemahaman yang salah dari informasi hoaks yang beredar dan hal ini bisa berdampak pada ketakutan masyarakat untuk divaksinasi Covid-19,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *