Informasi Adanya Penculikan Anak di NTB dan Madura Dipastikan Hoaks

by -438,751 views

NTB – Hoax kasus penculikan anak masih saja terjadi. Beredar sebuah unggahan Facebook yang menyebutkan telah terjadi kasus penculikan anak di wilayah Maronge, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada unggahan itu terdapat pula imbauan “Hati hati yg punya anak kecil dari umur 2 tahun sampai seumuran SD Sudah masuk di wilayah Sumbawa NTB Di Sumbawa Maronggeā€¯.

Faktanya, informasi penculikan di wilayah Maronge, Kabupaten Sumbawa, NTB pada unggahan tersebut adalah hoaks.

Kapolres Sumbawa AKBP Henry Novika Chandra memastikan bahwa informasi penculikan yang beredar di Facebook tersebut adalah hoaks.

Kemudian ada hoax lainnya. Yaitu beredar sebuah unggahan video di media sosial Twitter dengan narasi yang berisi informasi tentang adanya penculikan anak menggunakan mobil Toyota Avanza di wilayah Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura. Pada unggahan video tersebut terlihat seorang anak yang terluka pada bagian lehernya.

Faktanya, informasi tentang adanya penculikan anak di wilayah Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura tersebut adalah tidak benar. Video pada unggahan tersebut merupakan video yang direkam di India pada tahun 2016 dan luka pada leher anak tersebut diakibatkan oleh jeratan tali layangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *