Menuju Dirgahayu RI ke-77, Ketum MIPI Serahkan Bendera Merah Putih di Papua secara Simbolis

by -187,341 views

JAYAPURA — Ketua Umum Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) yang juga Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar, menyerahkan secara simbolis bendera merah putih kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Ridwan Rumasukun. Bendera juga diserahkan kepada Ketua Umum MIPI Papua yang juga Asisten Bidang Perekonomian dan KESRA Sekda Provinsi Papua Muhammad Musa’ad.

Penyerahan bendera tersebut berlangsung pada acara Pelantikan Pengurus Daerah MIPI Provinsi Papua Periode 2022-2026 di Hotel Horison Ultima Entrop Jayapura, Sabtu (6/8/2022).

Penyerahan bendera ini dilakukan untuk mendukung Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Provinsi Papua. Langkah ini dilakukan untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Bendera tersebut nantinya akan dibagikan kepada masyarakat untuk dipasang di berbagai tempat strategis.

“Mudah-mudahan ini (Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih) bisa berjalan (dengan baik),” ujar Bahtiar.

Bahtiar menjelaskan, gerakan yang diinisiasi Kemendagri tersebut bakal digelar di seluruh Indonesia. Karena itu, Kemendagri mengimbau seluruh daerah untuk mendukung gerakan tersebut. Hal ini sebagaimana isi surat nomor 003.1/4397/SJ yang ditandatangani Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), kata Bahtiar, akan me-launching gerakan ini di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, pada 12 Agutus 2022. Kemudian me-launching gerakan serupa di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, pada 14 Agustus 2022. Selanjutnya, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) juga akan me-launching gerakan tersebut di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, pada 13 Agustus 2022.

Bahtiar menjelaskan, tahun ini peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia mengusung tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Dengan tema tersebut diharapkan HUT ke-77 menjadi momentum untuk bangkit bersama, utamanya di tengah pandemi Covid-19. Upaya tersebut salah satunya dilakukan melalui langkah sederhana dengan membagikan bendera merah putih. Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk memupuk rasa cinta dan bangga terhadap negara Indonesia.

“Kita harus merajut kebersamaan, dua tahun kita (diterpa) Covid-19 tidak bisa ketemu, kita harus bangkit lagi nih, jadi bersama-sama membangun negara Indonesia dimulai dengan hal yang sederhana yaitu membagikan bendera merah putih,” tandas Bahtiar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *