marhaban

Polisi Periksa 10 Orang Diduga Provokator Demo 4 November

provokator

Mediasiber.com, Jakarta-Pihak Kepolisian telah mengamankan dan langsung memeriksa sejumlah orang yang diduga sebagai provokator dalam demo 4 November, Jumat malam.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, ada 10 orang yang diduga sebagai provokator masih diperiksa. “Usia antara 17-35 tahun. Mereka ada yang dari daerah dan dari Jakarta. Masih diambil keterangan. Status hukum nanti dilihat selama 24 jam,” ujar Boy saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (5/11).

Dalam kesempatan tersebut Boy menunjukkan sejumlah foto orang-orang yang diduga sebagai provokator itu. Ada beberapa laki-laki berusaha menyerang menggunakan bambu, batu, dan botol. “Padahal sudah disampaikan di maklumat Kapolda. Ini contoh provokasi kecil,” kata Boy.

Boy pun menanggapi soal kemungkinan hal itu dilakukan oleh elemen lain yang sengaja datang untuk melakukan penyerangan. “Ini eskalasi tidak semakin bagus saat barikade kita dirusak. Mereka ingin menerobos dan masuk Istana. Sekali lagi, ini tidak dibenarkan. Sudah ada aturannya. Ini bagian dari pendidikan,” ujar Irjen Boy.

Dalam aksi damai 4 November di sejumlah tempat seperti Monas, Istana Merdeka, dan Patung Kuda, dinodai kericuhan karena ada sebagian demonstran menolak meninggalkan lokasi demo, meski izin unjuk rasa mereka sudah berakhir pukul 18.00 WIB.

Tak ayal, bentrok antara demonstran dan aparat keamanan pun tak terhindarkan. Demonstran melempar batu, bambu, dan botol minum. Petugas membalas dengan gas air mata. Demonstran
berangsur-angsur meninggalkan lokasi demo menuju Gedung DPR/MPR untuk bermalam.

Demonstran dari berbagai ormas keagamaan itu menuntut proses hukum terkait dugaan penistaan agama oleh Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat berbicara dengan warga di Kepulauan Seribu mengutip ayat suci Alquran.

Usai aksi damai tersebut, pada Sabtu (5/11) dini hari, Presiden Joko Widodo menyatakan proses hukum terhadap Ahok akan dilakukan secara tegas, cepat, dan transparan.

8193504215_ba040b6a75

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply