Warna Baru Pilgub DKI Jakarta Mendatang, Dimyati Natakusumah Jadi Calon yang Didukung untuk Maju

by -158,145 views

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dimyati Natakusumah mendapat dukungan dari sejumlah warga dan elemen masyarakat untuk maju di Pilgub DKI 2024.

Salah satu elemen masyarakat yang dikabarkan memberi dukungan kepada mantan politisi PPP ini adalah Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (JARI) 98.

Saat dikonfirmasi atas kabar tersebut, Wasekjen JARI 98, Donny Fraga Wijaya tidak membantah dan juga tidak mengiyakan.

Akan tetapi, menurut Donny, Dimyati Natakusumah memang politisi pekerja keras. “Terbukti dia beberapa kali lolos ke Senayan meski beda perahu (partai). Artinya dia seorang pemimpin yang mampu membangun basis dan merawat basisnya,” ujar Donny.

“Orang yang mampu merawat basis dan akar rumputnya adalah mereka yang tidak lupa kacang dengan kulitnya. Tidak seperti politisi kebanyakan sudah jadi lupa,”

Diketahui, JARI’98 adalah pendukung yang ikut terlibat aktif dan massif bergerak memenangkan Jokowi – Ma’ruf di Pilpres 2019.

Lalu pada Pilkada Tangsel 2020 mengantarkan pasangan Benyamin Davnie – Pilar Saga menjadi Wali Kota – Wakil Wali Kota Tangerang Selatan.

Profil Singkat Dimyati Natakusumah

Mengawail kariernya sebagai pengusaha, Achmad Dimyati Natakusumah terjun ke dunia politik. Ia pun berhasil menjadi Bupati Pandeglang dan lolos ke Senayan dari Partai Persatuan Pembangunan.

Achmad Dimyati Natakusumah, biasa disapa Dimyati, lahir di Tangerang, Banten, 17 September 1966. Dimyati menjalani pendidikannya dari sekolah dasar hingga sekolah menengah di Pandeglang, Banten; SD Negeri Labuan Pandeglang, SMP Negeri 1 Pandeglang, dan SMA Negeri 1 Pandeglang.
Setelah lulus, Dimyati melanjutkan jenjang pendidikannya ke luar negeri di Akademi WAIC Perth, Australia Barat.

Setelah pulang dari Australia, Dimyati mengambil S1 Ilmu Hukum di Universitas Esa Unggul dan mengambil S2 ilmu Politik di Universitas Indonesia serta S2 Ilmu Hukum di Universitas Pansundan. Sementara S3-nya, Dimyati mengambil di Universitas Pajajaran Bandung Fakultas Hukum.

Sejak muda, Dimyati aktif di berbagai organisasi. Pada usia 24 tahun, ia menjabat Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Pandeglang sampai tahun 1995 dan dia menjadi Ketua HIPMI Jawa Barat periode 1995-2000. Dimyati juga sebagai Ketua KONI Kabupaten Pandeglang sejak tahun 2000 hingga 2010.

Perjalanan Karier Dimyati tidak hanya sebatas pada kegiatan organisasi, dia juga seorang pengusaha. Dia menjadi Direktur Utama PT. Rizka Carlita Utama hingga tahun 2000 serta menjabat Komisaris Utama PT Citra Irdani dan Komisaris PT BPR ABS.

Karier politiknya, Dimyati berlabuh ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Puncaknya, ia menjadi Sekjen PPP. Dia juga pada tahun 2000 menjadi Bupati Kabupaten Pandeglang. Setelah itu, Dimyati menjadi Anggota DPR RI dan menjadi pimpinan Badan Legislasi DPR RI. Pada pemilu berikutnya, dia terpilih kembali menjadi anggota DPR periode 2014-2019.

Lalu pada tahun 2017 Dimyati Natakusumah bergabung dengan PKS dan saat ini 2022 menjadi anggota Komisi III DPR RI Fraksi PKS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *