Spanduk Penolakan Aksi yang Mengatasnamakan Aspirasi Buruh Tersebar Luas di Sudut Kota Jakarta

by -712,869 views

Peringatan hari buruh yang jatuh pada tanggal 1 mei 2022 tahun ini bertepatan denga hari raya idul fitri sehingga pelaksanaannya ditunda menjadi 14 mei 2022 kemarin.

Namun anehnya ada satu kelompok yang baru akan melaksanakan perayaan May Day, yaitu Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI).

Adanya rencana aksi tersebut menimbulkan tanda tanya besar di masyarakat, bahkan di lingkup kelompok buruh sendiri. Pertama karena waktu pelaksanaan peringatan Mayday yang berbeda dengan kelompok buruh yang lain, kedua karena tuntutannya yang berbeda dari kelompok buruh yang lain dan lebih bermuatan politik, ketiga karena lokasi aksi yang berada ditengah kota tentu akan menimbulkan kemacetan lagi.

Beberapa tokoh maupun kelompok terang-terangan menunjukkan ketidaksukaannya terhadap rencana aksi tersebut. Salah satu bentuk penolakan terhadap aksi tersebut adalah dalam bentuk spanduk. Berbagai spanduk yang mengkritik rencana aksi tersebut terpasang di sejumlah fasilitas umum masyarakat.

Tulisan yang tertulis dalam spanduk tersebut, antara lain : NINING ELITOS PENGGERAK KAUM BURUH YANG MEMBUAT KERICUHAN, JANGAN JADIKAN WADAH KAUM BURUH SEBAGAI TEMPAT MELAKUKAN ANARKISME, KASBI SARANG KAUM VANDALIS YANG MERESAHKAN MASYARAKAT dan lain sebagainya.

Spanduk-spanduk tersebut menarik perhatian masyarakat Jakarta yang sedang beraktivitas, pasalnya spanduk-spanduk tersebut terpasang di fasilitas-fasilitas umum masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *