Ketum Gapura Tegaskan Orang Asli Papua Siap Kawal DOB & Otsus

by -70,557 views

Papua – Tokoh dan Ketua Ormas Pemuda Jayapura dan Ketua Umum Gerakan Pemuda Jayapura (Gapura) Jack Puraro menegaskan bahwa sebagai orang asli Papua siap mengawal kebijakan pemerintah terkait dengan DOB dan Otsus.

“Sanksi kepada generasi muda yang aksi demo menolak DOB dan Otsus. Maka pemekaran segera di lakukan di Papua. Dukung DOB dan pengawasan Otsus,” kata Jack, hari ini.

Menurut dia, adanya DPRK yang memasukkan OPM didalam cek nasionalismenya. Ia juga meminta MRP untuk tidak mengurus masalah politik, melainkan fokus mengurus hak-hak masyarakat adat Papua.

“Mewakili masyarakat Adat Mamta Tabi, menolak pernyataan Ketua MRP Provinsi Papua yang menyebut masyarakat Papua menolak DOB di Papua,” ucapnya.

Jack menyatakan bahwa pernyataan tersebut tidak benar dan merupakan asumsi Ketua MRP semata, tidak mewakili masyarakat Adat Papua secara umum. Dia mengharapkan MRP sebagai representasi kultur OAP harus bersikap netral atas berbagai gejolak di Papua.

“Kami mendukung adanya pemekaran Provinsi yang telah diwacanakan dan akan disikapi Pemerintah Pusat, agar dapat diterima secara bak untuk Daerah Otonomi Baru. Pastinya akan ada lapangan pekerjaan yang lebih luas dan dapat mengakomodir seluruh kepentingan untuk masuk dalam dunia kerja,” sebutnya.

Kata dia, tentunya anak-anak asli Putra Daerah yang dipilih untuk ditempatkan membangun daerah, sehingga perlu kompak dan sehati menerima hadirnya Daerah Otonomi Baru di Provinsi Papua.

Jack juga mengajak kepada semua pihak dan tentunya kepada mahasiswa dan para intelektual untuk bisa membantu dunia pendidikan di kampung-kampung.

“Sebab itu inilah tolak ukur, sehingga kita sangat butuhkan pelayanan pemekaran, sehingga membuka akses yang lebih baik,” jelasnya.

Ia bercerita sedikit soal pengalaman saat mengajar di wilayah pedalaman, sehingga dirinya menyarankan untuk tidak berpikir secara politis, karena sebenarnya masyarakat Papua sangat membutuhkan pemekaran untuk perluasan pelayanan dan keterlibatan dan terakomodirnya seluruh kepentingan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *