Ketua Adat Anim Ha Apresiasi Rencana DOB Papua Selatan, Beri Dukungan Penuh

by -418,476 views

Papua – Ketua Adat Anim Ha Kab. Merauke, Kab Mappi, Kab. Boven Digoel dan Kab Asmat Papua Paskalis Imadawa angkat bicara perihal Daerah Otonom Baru (DOB).

Menurut Paskalis, untuk di Papua ini yang mulai menyuarakan DOB di wilayah selatan yang sekarang dibilang Provinsi Papua Selatan.

“Perjuangannya sudah sangat jauh ya, tidak ada kata pikir pikir. Kita dengan jujur, lapang dada, kita mau secepatnya hadirnya DOB di Papua,” tegas Paskalis, hari ini.

Dia menyebutkan alasan mendukung DOB yakni berharap adanya sebuah keadilan dalam pemerataan pembangunan. Baik pembangunan infrastruktur, sarana prasarana maupun pembangunan SDM.

“Jadi kita di Selatan Papua sangat jauh tertinggal dengan mereka yang di sekitar Jayapura dan Pegunungan. Bahkan pegawai pegawai pejabat kita tidak ada yang dipromosikan sama sekali ke tingkat Provinsi. Mencari sekda dari Selatan susahnya sengah mati. Karrmena provinsi Papua tidak pernah mengorbitkan, mengkaderkan anak anak kita dari Selatan ke Jayapura,” kata dia.

Dari sisi SDM khususnya pendidikan, lanjut dia, yang menikmati pendidikan dana otsus, pendidikan ke luar negeri ada program 1000 doktor, itu dicanangkan Gubernur. Tapi yang masuk anak anak pegunungan, anak-anak sekitar Jayapura dan anak anak Sorong.

“Kita yang di Selatan Papua tidak disentuh sama sekali, setengah anak pun tidak ada. Sudah jelas ini tidak ada keadilan,” ujarnya.

Paskalis menginginkan agar DOB bisa secepatnya di eksekusi. “Segera, secepatnya,” tuturnya lagi.

Dia juga tidak ambil pusing dengan adanya penolakan di Papua Tengah, Pegunungan.

“Silahkan mereka tolak tapi kita tidak. Jadi jangan digeneralisir oleh petinggi NKRI orang Papua menolak DOB. Kita mendukung sepenuhnya adanya DOB untuk pemerataan pembangunan,” tambahnya.

Pihaknya memastikan sudah bulat mendukung DOB dari Selatan. “Mayoritas mendukung. Bahkan saya sendiri pun pegang mic kok tanggal 4 April kita deklarasi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *