Dugaan Praktik KKN di Penyelenggaraan Formula E Makin Membara, Ini Kata LSAK dan PB HMI MPO

by -643,934 views

JAKARTA – Menindaklanjuti mengenai sengkarut dugaan praktik KKN yang terjadi pada perhelatan Formula E di Jakarta, berbagai pihak ikut angkat bicara.

Lembaga Studi Anti Korupsi (LSAK) menegaskan penyelidikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap para pihak terkait dalam dugaan korupsi di formula E menunjukkan keseriusan dan problem dalam ajang yang akan helat pemprov DKI ini.

“Pemeriksaan yang dilakukan terhadap para pihak terkait pada kasus dugaan korupsi formula E menunjukkan ada keseriusan dan problem,” tegas peneliti LSAK Ahmad A. Hariri dalam keterangannya, hari ini.

Menurutnya, dari rentetan pemeriksaan, sampai yang terbaru Ketua DPRD, nampak fokus menggali tentang anggaran.

“Ini penting. Karena secara keberpihakan anggaran, program juga tidak sepenuhnya bermanfaat bagi masyarakat Jakarta. Apalagi sampai ada kerugian negara,” jelasnya.

Untuk lebih komprehensif menguak fakta ini, ia menyarankan kepada lembaga antirasuah juga segera memanggil pihak Formula E official.

“Pemeriksaan terhadap official formula E menjadi bukti penyelidikan ini bukan sebatas formalitas,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum PB HMI MPO Ahmad Latupono yang mendorong Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk berkomitmen dalam membongkar praktik-praktik korupsi di instansi manapun termasuk Formula E secara mendalam.

“KPK jangan sampai bersikap ambigu dan tebang pilih dalam melakukan penanganan kasus-kasus korupsi di tanah air. Jika di kasus Formula E ini sudah ditemukan alat bukti yang cukup maka sebaiknya lanjutkan ketahap penyidikan,” tegas Ahmad Latupono, hari ini.

Dia berpesan kepada lembaga antirasuah itu untuk tetap berada pada jalur, dan berkomitmen menjaga integritas dalam upaya pemberantasan praktik korupsi di tanah air.

Selain itu, dia meminta kepada KPK untuk segera memberikan hasil dari penyelidikan tersebut, mengingat sudah ada berbagai saksi yang dimintai keterangan, laporan masyarakat yang memberikan bukti-bukti dalam dugaan kasus korupsi tersebut. Bahkan audit BPK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *