BEM PTMI Beberkan Alasan Tak Ikut di Aksi 11 April 2022

by -214,915 views

Jakarta – Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah Indonesia (BEM PTMI) mengungkapkan sejumlah alasan tidak turun aksi unjuk rasa (demonstrasi) di Istana Negara Jakarta pada Senin (11/4) besok. Presidium Nasional BEM PTMI Zona III, Faisal Abdul Rachman menjelaskan alasan pertama yakni, kekhawatiran aksi tersebut ditunggangi pihak tertentu.

“Ketakutan kami, karena banyak rumor indikasinya banyak yang menunggangi gerakan itu. Tetapi kita juga enggak tahu (siapa pastinya yang menunggangi),” kata Faisal, Minggu (10/4).

Kekhawatiran itu, lanjut Faisal, guna mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan. Sehingga BEM PTMI Zona III menyatakan sikap untuk tidak bergabung dalam aksi yang digagas BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) pada Senin besok.

“Nah untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Makanya kita BEM PTMI Zona III sendiri menyatakan sikap untuk tidak turun di tanggal 11,” katanya.

Dia juga meluruskan bahwa tidak adanya BEM PTMI tidak ikut demo bukan karena ada tekanan dari pihak-pihak tertentu. Menurutnya, kami selaku Presidium BEM PTMI Zona III sama sekali tidak melarang anggota Zona III untuk menyampaikan aspirasi.

“Kalau tekanan mengenai ini mau luruskan ya. Jadi saya mau tegaskan, bahwasanya tidak ada tekanan dari siapapun untuk membatasi kami,” ujarnya.

Meski tidak ikut tergabung dalam aksi nanti, dia menegaskan pihaknya tetap menolak wacana perpanjangan masa Presiden dan penundaan Pemilu 2024.
Tapi kita sudah dengan tegas mengenai masa perpanjangan Presiden menolak tegas isu yang digulirkan teman-teman BEM yang lain di tanggal 11 itu. Ya sama aja dengan poin tuntutan kita,” tuturnya.

Faisal mengatakan internal BEM PTMI Zona III belum melakukan pertemuan konsolidasi berkaitan aksi dari pusat sampai daerah. Pihaknya baru selesai merampungkan kajian terkait tuntutan yang akan disuarakan.

“Kami juga belum ada pertemuan untuk pengurus pusat, sampai ke tingkat daerah secara keseluruhan untuk membahas kesepakatan aksi. Jadi kami belum ada satu pernyataan dari internal di tanggal 11”, tutup dia.

Sekedar informasi jika terkait rencana aksi unjuk rasa pada Senin, 11 April 2022 merupakan aksi yang turut digagas pihak BEM Seluruh Indonesia (BEM SI), dengan salah satu isunya menolak untuk perpanjangan masa periode Presiden.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *