Amalan Rakyat Tegaskan Aksinya Bukan Soal Labora Sitorus Diperas, Tapi Penahanan Tanpa SP2

by -413 views

MediaSiber.com – Koordinator Aliansi Mahasiswa dan Pemuda untuk Keadilan (AMALAN) Rakyat, Ghandi melakukan klarifikasi terhadap berbagai media yang telah melakukan kesalahan pemberitaan tengang aksi mereka.

Dimana dalam aksi yang digelarnya pada hari ini bukan dalam konteks pemerasan yang diindikasi dialami oleh Labora Sitorus di Lapas Cipinang, Jakarta Timur.

“Kami ingin mengklarifikasi mengenai pemberitaan yang dimuat oleh beberapa media terkait aksi demonstrasi pada hari Senin 18 Maret 2019 di Lapas Cipinang terkait permasalahan Kasus Labora Sitorus,” kata Ghandi dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/3/2019).

“Kami ingin menyampaikan bahwa esensi aksi kami bukan pada labora sitorus di jadikan sapi perah,” imbuhnya.

Akan tetapi, Ghandi menyampaikan bahwa aksinya tersebut sejatinya untuk meminta petanggung jawaban dari Kepala Lembaga Pemasyarakatan tersebut karena tidak adanya surat perintah penahanan (SP) dalam tindakan penahanan terhadap Labora Sitorus.

“Akan tetapi kami ingin meminta pertangungjawaban Lapas Cipinang terkait penahanan Labora Sitorus yang cacat hukum dan bergulirnya kasus tersebut juga cacat dan mencederai hukum,” tegasnya.

“Karena dalam penahanannya tidak disertai dengan SP2 yang menjadi landasan oleh lapas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam membina tahanan,” imbuhnya.

Maka dari itu, Ghandi pun menegaskan bahwa konteks aksinya itu tidak seperti yang diceritakan di media-media tersebut. Dan ia pun menuntut agar isi pemberitaan yang dianggapnya keluar dari konteks itu.

“Oleh karena itu agar pemberitaan di media Anda untuk dirubah sesuai dengan poin-poin tuntuntan kami yang kami tuangkan dalam rilis kami,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *