Warga Musi Banyuasin Desak KPU Coret Beni Hernedi

by -666 views

Jakarta – Ratusan warga Musi Banyuasin Sumatera Selatan berunjuk rasa di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu (23/11).

Massa mendesak agar KPU membatalkan pencalonan Beni Hernadi sebagai Calon Wakil Bupati Musi Banyuasin.

Menurut koordinator aksi, Asmawijaya pihaknya sengaja datang ke Jakarta karena persoalan ini sudah lebih dulu melaporkan ke Panwaslu Musi Banyuasin.

Tapi laporan itu tidak direspon oleh Panwas daerah sehingga menimbulkan pertanyaan besar bagi warga.

“Kami mendesak agar KPU membatalkan pencalonan Beni,” tutur Asmawijaya dihadapan gedung KPU, Jakarta, Rabu (23/11).

Asmawijaya mengatakan, pelanggaran yang dilakukan oleh Beni sangatlah banyak, padahal Beni sudah jelas melanggar Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016.

beni-hernadi-musiDalam Undang-Undang sudah jelas bahwa Bupati atau Plt Bupati petahana dilarang melakukan penggantian pejabat tanpa izin Mendagri. Tapi Beni, melakukan perbuatan dengan mengganti sejumlah pejabat.

“Kami juga memperoleh informasi jika Beni Hernedi walaupun sekarang cuti sebagai Plt Bupati namun tetap mengatasnamakan dirinya sebagai Plt Bupati. Beberapa hari lalu dia ke Bangkok dalam kapasitas selaku Plt Bupati,” tuturnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Direktur Lintas Politika, Kemas Khoirul Mukhlis meminta KPU untuk tegas menerapkan aturan yang ada.

“Beberapa kesalahan termasuk dalam hal penggantian pejabat sudah cukup alasan bagi KPU dan Panwas untuk mencoret pencalonan Beni Hernedi. Jika ini tidak dilakukan, tentu kami akan melaporkan KPU Muba dan Panwaslih Muba ke DKPP,” tuturnya.

Kemas juga mengungkapkan bila pihaknya banyak mencatat pelanggaran yang telah dilakukan dalam Pilbup Muba kali ini. Untuk itu, Lintas Politika akan pula melaporkan berbagai temuan tersebut ke Presiden, Mendagri dan lainnya.

“Siapapun yang terpilih nantinya, jika aturan tetap tidak ditegakkan maka akan kami gugat ke MK,” ujarnya.

Para demonstran juga tampak membawa berbagai karton dengan berbagai tulisan seperti Coret Beni, Tegakkan Aturan Pilkada dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *