Eks Presiden RI Perlu Wacanakan Komunikasi Negarawan

by -575 views

Jakarta – Ketua Lembaga Debat Hukum dan Konstitusi Mahasiswa Indonesia (LDHKMI) Andi Muhammad Adhim menyarankan agar para mantan Presiden RI melakukan konsolidasi nasional untuk menyejukkan suasana yang terjadi saat ini.

“Seharusnya mantan Presiden RI mulai dari Megawati, SBY, Habibie bersatu padu menjadi negarawan melakukan konsolidasi nasional untuk menyejukkan suasana,” ungkap Andi, Selasa (15/11/2016).

Andi pun membandingkan mantan Presiden Amerika yang bisa berdamai satu sama lain antar mantan Presiden. Kata dia, di Indonesia hal itu akan sangatlah mungkin terjadi di era pemerintahan Jokowi untuk melakukan silaturahmi bersama.

“Demi terciptanya keharmonisan antar mantan Presiden, dan bisa menjadi contoh serta panutan terhadap generasi berikutnya atau para elit politik di Indonesia,” ucap Andi.

Selain itu, tambah Andi, mantan-mantan Presiden ini juga bisa memberikan masukan-masukan kepada Jokowi yang merupakan Presiden terpilih apabila terjadi masalah besar. Dia kembali berharap perkumpulan eks Presiden RI perlu diwacanakan untuk forum komunikasi negarawan.

“Mantan-mantan Presiden juga harus menjadi contoh buat masyarakat tidak hanya saling serang, saling hujat satu sama lain. Bersatunya mantan-mantan Presiden ini juga sangat penting untuk sebagai rantai pemersatu bangsa dan rakyat agar tidak mudah di pecah belah,” tandasnya.

mantan-presiden-amerika-serikatICMI Sarankan Jokowi Silaturahmi ke 3 Mantan Presiden RI

Waketum ICMI Priyo Budi Santoso mengapresiasi langkah Presiden Jokowi bersilaturahim dengan banyak kalangan untuk menyejukkan suasana. Priyo menyarankan Jokowi juga silaturahim dengan tiga mantan Presiden RI untuk memantapkan konsolidasi nasional.

“Saya mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Presiden untuk mengadakan silaturahim dengan berbagai pihak. Bagus lagi kalau Presiden bersilaturahim dan komunikasi intensif dengan para mantan Presiden, Pak BJ Habibie, Bu Megawati Soekarnoputri dan Pak SBY. itu akan menjadi inspirasi yang positif dalam kondisi yang sekarang ini,” kata Priyo kepada wartawan, Selasa (15/11/2016).

Priyo menyarankan pertemuan itu bisa dilakukan dalam waktu dekat. “Supaya semakin sempurna langkah komunikasi dan menepis anggapan bahwa yang saat ini dilakukan itu hanya langkah dadakan saja,” kata eks Wakil Ketua DPR RI ini.

Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Golkar ini menilai para mantan Presiden RI tersebut adalah tokoh yang mempunyai aura wisdom. Sehingga bisa dimintai nasihat untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Selama ini dalam pandangan kita Pak Habibie, Bu Mega dan Pak SBY sudah teruji wisdom, kebijaksanaan dan naungannya untuk NKRI. Itu perlunya presiden Jokowi bertemu dengan tokoh kaliber ini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *