Soroti Polemik Wadas, Komisi III DPR RI : Polri Sudah Berupaya Persuasif, Waspada Provokator

by -256,276 views

Jakarta – Anggota Komisi III DPR Moh Rano Alfath ikut bersuara terkait insiden di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Selasa (8/2). Menurutnya Polri sudah mengambil langkah terukur dan berusaha persuasif dalam menangani kasus ini.

“Saya kira Polri sudah berusaha untuk persuasif dalam kasus ini, bahkan kabarnya Bhabinkamtibmas sempat dihalangi saat akan sambang di desa itu dan beberapa orang pelakunya diduga kuat bukan warga Wadas,” kata Rano kepada wartawan.

Legislator asal PKB ini lantas mengutip data yang disampaikan Kepala Desa Wadas. Dari 429 orang pemilik lahan, 350 orang sudah siap atas pembebasan tanah demi proyek pembangunan yang rencananya akan digunakan untuk mengairi lahan sawah seluas 15.069 hektar itu.

“Itu sudah lebih dari 80% warga. Insiden kemarin itu terjadi karena adanya gesekan antara warga yang pro dan yang kontra terkait Proyek Bendungan Bener, nah itu kita harus cek apakah ada provokator atau dalang di baliknya. Sementara Polri terus kedepankan upaya humanis dan dialogis,” ujar Rano.

Wakil rakyat asal Provinsi Banten ini lantas meminta agar aparat penegak hukum terkait bisa memastikan adanya mekanisme pencegahan terjadinya kekerasan, intimidasi dan kriminalisasi bagi masyarakat. Baik itu bagi yang pro maupun yang kontra terhadap proyek Bendungan Bener.

“Pro dan kontra itu hal yang wajar, yang tidak bisa dibenarkan adalah adanya intimidasi atau ancaman-ancaman sampai jadi provokator untuk memecah belah warga. Saya optimis Polri dalam hal ini Polda Jateng siap mengawal dan melindungi warga,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *