Siswa Sekolah Bakti Mulya 400 Salurkan Bantuan Korban Banjir Jakarta

by -357 views

MediaSiber.com – Banjir di kawasan DKI Jakarta membuat banyak kalangan turut merasakan dan peduli untuk ikut meringankannya. Salah satunya yang dilakukan oleh para siswa dan siswi dari yayasan Sekolah Bakti Mulya 400.

Lembaga pendidikan yang menaungi KB-TK-SD-SMP-SMA itu ikut menyumbangkan harta mereka kepada para korban banjir yang dikoordinir oleh sekolah.

“Kami telah mendapatkan bantuan dari anak-anak seperti uang tunai, ini dari Bakti Mulia Peduli,” kata Direktur Sekolah Bakti Mulya 400, Sutrisno Muslimin di Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Menurut Sutrisno, sumbangan yang dikelola oleh sekolah merupakan wujud dari rasa peduli kasih dari para siswanya itu kepada para korban banjir di Jakarta.

“Ini adalah bentuk dari kepedulian kepada warga Jakarta yang terkena musibah,” ujarnya.

Sutrisno juga mengatakan bahwa ekspresi kepedulian dari para siswa Bakti Mulya 400 itu juga merupakan hasil dari pendidikan yang diterapkan sekolah kepada para siswa, yakni memiliki rasa peduli kepada sesama dikala mendapatkan musibah.

“Dalam kontek pendidikan adalah pembelajaran kepada anak-anak, bahwa kita harus saling membantu. Ini perlu dicatat bahwa (ketika ada) musibah wajib kita saling membantu,” ujarnya.

Ia harap apa yang dilakukan oleh Sekolah Bakti Mulya 400 dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk melakukan hal positif yang sama.

“Patut dicontoh anak sekolah yang lain,” imbuhnya.

Terlebih lagi, Sutrisno juga mengatakan bahwa banjir Jakarta adalah peristiwa musibah alami. Bahkan tanpa membanding-bandingkan pemimpin daerahnya, ia menyebut siapapun Gubernurnya, hujan deras di awal tahun 2020 pasti akan tetap membuat kawasan hilir banjir seperti Jakarta.

“Dan ini masalah curah hujan terbesar dalam 24 tahun. Siapapun Gubernurnya akan mengalami hal yang sama,” tutur Sutrisno.

“Sehingga ini bukan semata-mata kesalahan Anies Baswedan, tapi karena curah hujan yang sangat besar,” tambahnya.

Respon Wali Kota Jakarta Selatan

Bantuan dari Sekolah Bakti Mulya 400 ini diserahkan kepada korban banjir di RW 05, Kelurahan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Penyerahan bantuan itu pun dilakukan juga secara door-to-door.

Dalam sambutan di kesempatan yang sama, asisten Pemerintah Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Mahludin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Sekolah Bakti Mulya 400 atas uluran tangan yang diberikan kepada warga.

“Saya mewakili bapak Walikota menyampaikan terima kasih karena telah membantu warga yang terkena dampak banjir,” kata Mahludin.

Ia juga melaporkan bahwa dampak curah hujan dengan debit air yang cukup tinggi memang membuat beberapa kawasan di Provinsi di Indonesia terkena banjir, salah satunya adalah DKI Jakarta.

Namun ia merasa bersyukur, bahwa meskipun spot banjir di Jakarta tidak terlalu banyak, namun di kawasan Jakarta Selatan juga tidak terlalu banyak masyarakat yang kebanjiran.

“Untuk Jakarta hampir semua provinsi terkena banjir. Jakarta terkena dampak banjir hanya 15%. Dan Jakarta Selatan alhamdulillah sangat sedikit yang terkena dampak banjir,” jelasnya.

Dalam acara penyerahan bantuan secara simbolis dari Sekolah Bakti Mulya 400 kepada warga Pondok Pinang itu, hadir juga beberapa tokoh masyarakat dan Ketua Umum Pengurus Besar Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (PB GPMI) KH Aslih Ridwan serta Ketua GPMI DKI Jakarta Syarief Hidayatulloh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *