Satu Jiwa Pancasila, Cinta Kasih Untuk Bangsa Indonesia

by -371,438 views

Pancasila lahir dari perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari Penjajahan, Kapitalisme dengan segala macam bentuknya, baik itu Imperialisme maupun Kolonialisme.

Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 adalah Konsep Besar dalam merumuskan Dasar Negara Indonesia Merdeka, yang digali dari Kepribadian Bangsa Indonesia.

18-8-45 disepakati sebagai Dasar Negara, tercantum dalam Preambule UUD 45. Dasar dan bintang arah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yang menjiwai UUD 45, menjiwai semua produk UU dan Peraturan di bawahnya dengan satu tujuan : Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Th 1960 di SU PBB, Bung Karno menegaskan bahwa Pancasila bukan Komunisme maupun Kapitalisme.

Ditawarkan oleh BK sebagai jalan keluar dari perang dingin, untuk membangun perdamaian dunia.

Setelah Sovyet runtuh dan ketika dunia diserang Pandemi Covid19, Kapitalisme terbukti rapuh dan ambyar, apa yang disampaikan Bung Karno tentang Pancasila saat ini menemukan momentumnya, sebagai konsep membangun dunia kembali dengan tatanan baru, peradaban baru.

Tatanan yang menjunjung tinggi kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, kesejahteraan dan perdamaian

Tatanan yang memperkuat masyarakat sebagai pilar utama kehidupan ekonomi, politik maupun sosial budaya, tatanan yang mengatur dunia untuk mengangkat derajat hidup umat manusia, bukan untuk kepentingan segelintir orang para penguasa kapital, tatanan yang menolak penindasan bangsa atas bangsa dan penindasan manusia atas manusia.

Tatanan yang mengatur hubungan antar manusia dengan cinta kasih, bukan eksploitasi.

Itulah Pancasila,
Menangkan Pancasila.

Salam Gotong Royong

Agus Jabo Priyono
Ketua Umum PRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *