Mahasiswa dan Pemuda Diajak Sukseskan Pilkada 2024 Aman dan Kondusif

by -10 views
Ketua HIMA FH Unpam Adi Haryanto
Ketua Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum Unpam, Adi Haryanto.

MediaSiber.com – Ketua Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pamulang (Hima FH Unpam), Adi Haryanto mengajak seluruh Mahasiswa dan pemuda yang sudah memiliki hak suara agar ikut menyukseskan proses pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan pada bulan November 2024 mendatang.

Cara untuk menyukseskannya adalah dengan ikut menyalurkan hak suara mereka, sehingga sosok yang terpilih dalam kontestasi politik elektoral tersebut adalah mereka yang benar-benar terbaik sesuai dengan harapan masyarakat.

“Besar harapan kami kita dari kaum pemuda dan mahasiswa dan juga masyarakat Indonesia pada umumnya agar pada tanggal 27 November 2024 nanti dapat memberikan dan menggunakan hak pilihnya,” kata Adi Haryanto kepada wartawan, Selasa (7/5).

Ia menegaskan bahwa hanya dengan peran serta aktif para pemuda dan Mahasiswa, maka Pilkada 2024 akan berjalan dengan baik dan lancar. Terlebih Indonesia saat ini merasakan bonus demografi, di mana mayoritas pemilih adalah generasi millenial dan gen Z.

“Karena dalam negara demokrasi, suara kita sangat menentukan untuk bisa mendapatkan pemimpin yang pro terhadap masyarakat dan pemimpin yang bisa merealisasikan aspirasi dari masyarakat,” tuturnya.

Di sisi lain, Adi juga menyampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya Mahasiswa dan kaum muda agar lebih mengedepankan rasionalitas di dalam memilih calon pemimpin nanti. Jangan sampai mereka terjebak dengan isu primordialisme, hoaks dan ujaran kebencian, serta hasutan untuk mengacaukan preferensi dan idealisme pilihan mereka.

Hal ini disampaikannya, sebab potensi munculnya isu hoaks, SARA hingga ujaran kebencian lainnya masih sangat berpotensi muncul di tengah hiruk pikuk Pilkada 2024.

“Waspada semua potensi hasutan, hoaks, isu-isu mendegradasi rasionalitas kita dari pihak mana pun. Pilih sesuai preferensi yang kita lihat dari calon kepala daerah tersebut,” tukasnya.

Terakhir, Adi pun mengharapkan agar semua komponen bangsa Indonesia bisa saling menjaga kondusifitas lingkungan masing-masing. Apalagi kata dia, Pilkada adalah ajang memilih pemimpin terbaik, bukan ajang saling membenci dan bermusuhan.

“Semoga harapan saya Pilkada serentak di tahun ini berjalan lancar aman dan kondusif,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *