Momen Hari Pahlawan, ABM Gelar Aksi Tabur Bunga dan Sindir “Lem Aibon”

by -2,314,601 views

JAKARTA – Ratusan mahasiswa dan pemuda tergabung dalam Aliansi BEM Menggugat (ABM) menggelar aksi unjuk rasa didepan Istana Negara, Senin (11/11/2019).
Dalam aksi bertajuk 11-11 itu, para mahasiswa dan pemuda mengajak masyarakat menghormati sikap Presiden yang tidak mau dipaksa-paksa dalam menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) terhadap UU KPK yang baru. Sebab, kata ABM, itu adalah konstitusional.
“Kami tidak ingin ada kegaduhan politik terjadi lagi akibat adanya pihak-pihak yang ingin membangun narasi yang saling membenturkan antar lembaga negara. Tidak ada urgensinya menerbitkan Perppu, kita hormati masyarakat yang menempuh jalur yang digaransi proses hukum secara konstitusi yaitu Judicial Review melalui MK,” ungkap Korlap Aksi Muhammad Nur saat berorasi.
Menurutnya, sebagai agent of control, mahasiswa harus mengedepankan nilai-nilai intelektualitas dalam menyampaikan kritik yang membangun dan memberikan solusi atas kondisi kekinian. ABM bersama pemuda Indonesia sangat mendukung jika ada pihak yang melakukan kajian-kajian dan menempuh jalur Judicial Review atas UU KPK yang baru tersebut.
Kendati demikian, ABM mendukung juga upaya Presiden yang sudah menyiapkan nama-nama Dewan Pengawas KPK yang potensial, kredibel, dan mengerti benar persoalan internal KPK.
“Hasil vonis Sofyan Basir di Pengadilan Tipikor yang dinyatakan tidak bersalah bukti KPK sembrono dan perlu di evaluasi. Makanya penting sekali adanya Dewan Pengawas, dan jangan suudzon dulu, kehadiran dewan pengawas tidak akan melemahkan KPK dalam upaya memberantas dan mencegah tindak pidana korupsi,” jelas Nur.
Selain itu, aktivis ABM lainnya Ismail mengajak masyarakat mendukung bersatunya Jokowi dan Prabowo yang memiliki tujuan mulia agar Indonesia semakin maju dan menjaga situasi kembali kondusif.
“Ini adalah sinyal persatuan, sudahi pertikaian yang terjadi saat Pilpres 2019 lalu. Mari dukung Bapak Jokowi dan Prabowo agar bisa mewujudkan Indonesia semakin maju,” jelasnya.
Disela-sela aksinya, massa membawa alat peraga berupa spanduk sebagai sindiran kepada pihak-pihak yang mengklaim kelompok antikorupsi dengan tulisan ‘Perppu KPK Ribut ? Giliran Aibon Gate Diem Aje !!’
Di momentum hari Pahlawan ini, massa aksi juga melakukan aksi tabur bunga sebagai pesan agar pemuda Indonesia tidak melupakan jasa para pahlawan.
“Teladani perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan. Mereka telah memberikan pengorbanan terbaik untuk bangsa dan negara.
Kita doakan NKRI semakin jaya,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *