Jaga Kondusifitas, Perangkat Desa dan Tokoh Agama Tanah Kuning-Bulungan Ajak Masyarakat Waspada Radikalisme dan Intoleransi

by -57,581 views

Bulungan- Guna mencegah muncul dan tumbuhnya gerakan radikalisme di lingkungan masyarakat khususnya di Desa Tanah Kuning Kecamatan Tanjung Palas Timur Kab. Bulungan, diadakannya pertemuan dalam rangka dengan tema “Dalam Keanekaragaman Ada Keindahan dan Kekuatan, Mari Sama-Sama Kita Cegah Paham Intoleransi, Radikalisme dan Terorismeā€.(12/04/22).

Dalam pertemuan tersebut masyarakat dihimbau agar selalu waspada, salah satunya dengan terus meningkatkan kerukunan antar sesama, paham atau gerakan radikalisme dianggap sebagai salah satu cara kelompok tertentu memecah belah Masyarakat, termasuk di Desa Tanah Kuning.

“Masyarakat diminta untuk selalu waspada terhadap gerakan radikalisme,” ujar Budi selaku Kades Tanah Kuning saat pertemuan tersebut.

Tokoh Agama Tanah Kuning dihadiri oleh Ustad Mansur, yang juga mengatakan munculnya radikalisme yang mengatasnamakan agama itu bukan karena kurangnya pemahaman agama, tapi karena adanya perbedaan dalam memahami agama, agama manapun tentu saja tidak ada mengajarkan untuk melakukan tindakan radikalisme.

“Semua agama menginginkan kedamainan baik di dunia maupun akhirat.”, jelas Ustadz Mansur.

Seluruh Masyarakat di Desa Tanah Kuning harus terus waspada, bahkan RT pun diminta agar lebih peka terhadap pendatang baru guna mencegah masuknya paham radikalisme. Tak hanya itu, gerakan radikalisme dikhawatirkan juga akan menjadikan agama sebagai pelindung.

“Seluruh Masyarakat akan terus dihimbau untuk saling menjaga dan menghargai sesama sehingga akan terwujud kehidupan yang aman tentram dan damai,” tukas Budi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *