Gelar Aksi, Aliansi Masyarakat Sipil : Jangan Konyol, Revisi UU KPK Bukan Upaya Pelemahan!

by -2,458,393 views

JAKARTA – Dukungan atas Revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengalir. Kali ini datang dari elemen massa mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Sipil yang menyatakan dukungannya dengan menggelar aksi unjuk rasa didepan Gedung Merah Putih KPK, Senin (9/9/2019).

Koordinator aksi Hasan menyebut semangat revisi UU KPK ini akan terus digulir demi sebuah perbaikan dalam pemberantasan korupsi. Jadi, kata Hasan, hal yang konyol dan menyesatkan jika ada pihak yang menyebut revisi UU KPK itu ada upaya pelemahan.

“Revisi UU KPK penting untuk dimasukkan pasal pengawasan. Ada yang ketakutan dengan adanya lembaga pengawas. Kalau merasa benar dan bersih kenapa harus takut dan parno. Stop bodohi rakyat, KPK butuh diawasi, kami tak ingin ada penyidiknya jadi markus,” tegas Hasan.

Lebih lanjut, Hasan menyebut banyak hal sebenarnya yang harus di evaluasi dengan keberadaan KPK saat ini. Seperti kerja yang hanya mengandalkan hasil penyadapan dan dasar memprioritaskan sebuah kasus tidak pernah jelas. Ia pun membandingkan lembaga lain diluar negeri yang juga memiliki lembaga pengawasan.

“Kerjanya cuma andelin penyadapan dan dasar memprioritaskan kasus tidak pernah jelas kok tidak mau diawasi ? CIA dan Satker Intelijen di Amerika ada Komisi Intelijen di Senat saja ada yang mengawasi,” sebutnya.

Hasan mengingatkan bahwa KPK adalah lembaga Ad Hoc dan bukan super body. Makanya dibutuhkan sinergitas antar instansi untuk memaksimalkan kerja dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Kerja pemerintah dalam melayani masyarakat akan maksimal kalau antar instansi bisa menjalankan fungsi koordinasi. Fungsi koordinasi antar lembaga ini adalah amanat reformasi soal pemberantasan KKN yang bisa dicapai dengan kordinasi dan keterbukaan antar lembaga pemerintah,” jelasnya lagi.

Lebih jauh, Hasan menuturkan selama ini, Komisi Pemburu Koruptor lebih besar pasak daripada tiang. Anggaran KPK jauh lebih besar dari hasil OTT. 

“Sayangnya ini tidak pernah diungkap ke publik. Sebab KPK tidak diaudit dan tidak ada yang audit dan mengawasi. Lalu kenapa takut diawasi. Pencegahan korupsi justru lebih penting ketimbang negara tekor untuk sekali OTT anggaran begitu besar tapi hasil recehan. Selamatkan ribuan Triliun uang pajak yang nota bene ini adalah uang rakyat,” bebernya.

Dalam aksinya, mereka juga menyerukan kepada pihak Pamdal maupun keamanan KPK untuk mencopot kain hitam yang menutupi tulisan KPK.

“KPK ini milik rakyat, bukan milik segelintir oknum KPK. Pamdal kalian digaji rakyat, jangan klaim gedung ini milik kalian,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *