Dukung Rekonsiliasi Kedua Kubu, BEM Nusantara Jabar : Semoga Seger Terlaksana

by -860,033 views

Jabar – Aliansi Badan Eksektutif Mahasiswa Nusantara (BEMNUS) Jawa Barat menyatakan sikap penuh kekecewaan dalam forum Temu Nasional ke 13 BEM Nusantara di serang Banten.

“Tadinya kami sangat mengharapkan forum yang ideal di Banten, namun amat sangat disayangkan forum tersebut terlalu politis, sehingga amat sangat kental dengan berbagai kepentingan.”, jelas Aris Gunawan, Koordinator BEMNUS Jawa Barat, hari ini.

Aris menyatakan bahwa BEMNUS Jawa Barat menggaungkan persatuan di temu nasional di Serang, Banten. Tujuannya adalah untuk menyatukan kembali Bemnus hari ini, karena terdapat dualisme usai temu nasional di Surabaya tahun lalu.

“Hal ini tidak bisa terus menerus kita biarkan. Dan dalam Temu Nasional yang diselenggarakan di Serang Banten, BEMNUS Jabar membawa catatan rekomendasi internal maupun eksternal untuk kembali mengawal persoalan isu-isu daerah maupun isu nasional serta mengaktivasi kembali gerakan mahasiswa yang berlandaskan nilai people ideas dan memberikan sikap tegas terhadap hadirnya partai mahasiswa Indonesia (PMI) supaya BEM Nusantara secara kelembagaan memberikan sikap, bahwa aliansi ini bukan bagian dari PMI.”, bebernya.

Aris melanjutkan bahwa mereka merekomendasikan dan membawa narasi persatuan, yakni menyatukan dua kubu BEMNUS yang hari ini masih terpecah dua bagian.

“Sehingga tidak terpercah belah dan kembali bersatu, perkara PMI juga seharusnya kita semua aliansi Bemnus menjelaskan hal itu kepada khalayak.”, jelas Aris.

BEMNUS Jabar menyatakan bahwa mereka merasa dicederai dan jelas kecewa karena ketua partainya adalah korpus BEMNUS sebelumnya yakni saudara Eko Pratama, ditambah Korpus terpilih statusnya sudah demisioner dan bukanlah seorang Presiden Mahasiswa ataupun Ketua BEM, di Temu Nasional Serang, Banten yang di gelar pada 20-25 Mei 2022.

Terlebih sampai saat ini pun yang bersangkutan belum menyatakan sikap yang jelas dan tegas bahwa PMI bukan bagian dari BEMNUS.

“Kami dari BEMNUS Jabar mengecam tegas bahwa BEM Nusantara jangan sampai di jadikan alat massa politik Partai Mahasiswa Indonesia apalagi dijadikan sebagai alat kepentingan politik segelintir pihak maupun elit mahasiswa yang tidak bertanggung jawab.”, tegas Aris.

Dari kekecewaan BEMNUS Jabar, ada beberapa hal penting. Yaitu BEM Nusantara di kubu Dimas yang akan melakukan kegiatan Temu Nasional ke 13 nya, di kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 06-09 Juni 2022 mendatang, Aris mewakili BEMNUS Jabar berharap Temu Nasional di Yogyakarta berjalan ideal dan mampu membuahkan hasil berupa sikap tegas terkait posisi aliansi BEM Nusantara hari ini dalam mereposisi maupun merestorasi gerakan mahasiswa, mampu menurunkan egosentris dan secepatnya menyerukan rekonsiliasi agar BEM Nusantara kembali utuh dan mampu menunjukkan taring nya kembali dalam setiap gerakan yang di lakukan oleh mahasiswa.

“Forum Temu Nasional Yogyakarta seharusnya mampu menjadi titik balik agar BEM Nusantara menjadi utuh dan bersatu lagi, agar kedepan kita sama-sama dapat memberikan sikap tegas tentang hadirnya PMI yang bercokol ditubuh aliansi ini.”, pungkas Aris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *