Buruh FSPMI Nilai UMKM Era Jokowi Meningkat, Hanya Butuh Dimasifkan Sosialisinya

by -3,154,425 views

BEKASI, MediaSiber.com – Tokoh buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Tri Wahyu Widodo menilai bahwa di era kepemimpinan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, dunia usaha khususnya di Usaha Mikro Kecil Menengan (UMKM) mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Salah satu penyebab mengapa dunia usaha UMKM semakin meningkat adalah dengan dilaksanakannya regulasi yang dinilainya banyak memberikan akses kemudahan bagi para pengusaha. Hanya saja ia menilai masyarakat harus lebih banyak memperkaya literasi yang ada.

“Masyarakat harus lebih tanggap dan meningkatkan daya baca serta mencari informasi tentang UMKM karena kesulitan dalam melaksanakan regulasi atau aturan yang sudah dibuat,” kata Widodo dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (20/3/2019).

Apalagi menurutnya, banyak sekali akses program pemerintah yang diberikan untuk membantu pengusaha pemula untuk menciptakan lapangan kerja sendiri.

“Bagaimana masyarakat mengetahui serta memahami bahwa ada kebijakan baru pemerintah atau Presiden yang sudah membuat semua pelaku dan calon pelaku UMKM dapat menerima program yang semakin mudah dan dapat dipertanggung jawabkan,” imbuhnya.

Hanya saja, Caleg DPRD Kabupaten Bekasi tersebut juga memberikan catatan kepada para penyelenggara negara baik dari pihak eksekutif maupun legislatif, agar benar-benar bisa menyalurkan program pro rakyat kecil menengah itu itu mendapatkan akses bantuan. Bukan hanya ditutup-tutupi dan hanya dibukakan untuk kolega atau kerabatnya saja.

“Sehingga dugaanya, mereka (eksekutif dan legislatif-red) lebih mementingkan kelompok atau golongannya masing-masing sehingga kebijakan pemerintah pusat tidak dapat dilaksanakan sebagaimana semestinya sebagaimana diharapkan pemerintah pusat dan para pelaku atau calon pelaku UMKM,” ujar Widodo.

Kemudian, Widodo pun menegaskan bahwa UMKM sangat bisa menjadikan kehidupan masyarakat berkembang. Selain bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, negara pun mendapatkan hasil yang positif dari upaya peningkatan di sektor ekonomi itu.

“Untuk dapat membuat perekonomian negara bisa maju melalui UMKM harus ada marketing UMKM yang baik dan juga harus ada jaminan untuk mendapatkan kemudahan dengan kebijakan pemerintah, terutama pemerintah daerah agar ada kewajiban kerjasama di setiap instansi terkait untuk ikut berperan aktif,” tegasnya.

Lebih lanjut, Widodo juga mengatakan bahwa setiap keinginan untuk memulai menjalankan UMKM harus dengan niat yang kuat, mau belajar, tekun serta memenuhi syarat-syarat legalitas, agar hasilnya dapat benar-benar dinikmati untuk masa depan. Produk pun harus terjaga kualitasnya, baik dari persiapan rumah usaha yang layak sampai dengan market serta administrasi manajemen.

Tentunya, lanjut Widodo, hal ini membutuhkan pembinaan atau pendampingan dari Asosiasi UMKM/Himpunan atau pemerintah agar UMKM menjadikan pilar bangsa dalam membagun ekonomi kerakyatan.

“Kita para pelaku UMKM harus berfikir bahwa keberhasilan hanya didapat bila kerja keras dan selalu kelebihan satu cara untuk dapat berhasil bukan selalu kelebihan satu alasan karena kegagalan,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *