Aksi Damai, HMI Manado : Sulut Aman Bagi Mahasiswa Papua

by -2,618,988 views

MANADO – Melihat konflik yang saat ini semakin memprihatinkan terlebih khusus yang terjadi di Papua, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manado menyelenggarakan aksi damai. 

Aksi kemanusiaan yang dilaksanakan merupakan suatu bentuk solidaritas terhadap saudara-saudara mahasiswa yang kembali ke Papua untuk dapat menyelesaikan kembali studi di Universitas yang ada di Manado, karena ilmu sangat lah penting untuk membangun suatu negara dari pada harus terus terbelenggu dengan polemik rasisme yang berkepanjangan. 

Menurut Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi Prana Kadjaya, memaparkan beberapa poin yang mendasar terkait dengan gerakan tersebut.

“Poin yang kami bawa diantaranya adalah Wujudkan Pancasila sila ke 5, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, yang berarti menyambut kedatangan kembali Mahasiswa Papua di Bumi Nyiur Melambai, Indonesia damai tanpa penindasan, Sulut aman untuk mahasiswa Papua,” ujar Korlap Aksi Prana Kadjaya.

Sementara itu, Iman Karim selaku Ketua Umum HMI Cabang Manado mengajak warga Sulawesi Utara terlebih khusus masyarakat Kota Manado untuk mencintai perdamaian.

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus menerapkan perdamaian dalam hubungan sosial terlebih di daerah Kota Manado yang telah berpredikat Kota Paling Toleran di Indonesia,” ungkap Iman Karim.

Tak hanya itu Iman menambahkan wujud nyata dari aksi kemanusiaan yang dilaksanakan oleh HMI Cabang Manado. 

“Kami melakukan pembagian bunga sebagai implementasi untuk merajut solidaritas dan cinta damai kepada seluruh warga masyarakat yang ada,” tutur Ketum HMI Cabang Manado ini menambahkan.

Iman juga berharap pelajar maupun mahasiswa Papua yang saat ini belum kembali ke Manado agar dapat melanjutkan dan melakukan aktivitasnya.

“Harapan saya untuk seluruh mahasiswa papua yang kembali ke daerahnya masing-masing, Sulut saat ini sangat aman dan siap menerima keberadaan saudara-saudara yang akan melanjutkan studi,” tegasnya menutup.

Adapun serangkaian aksi dilaksanakan dari depan Mantos hingga di pusat keramaian Mega Mall Manado.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *